Jenis-Jenis Serat

Jenis-Jenis Serat | Blog Kang Hamzah - Serat adalah suatu jenis bahan berupa potongan-potongan komponen yang membentuk jaringan memanjang yang utuh. Contoh serat yang paling sering dijumpai adalah serat pada kain. Serat digunakan sebagai bahan baku tekstil.

Secara umum, serat dikelompokkan menjadi serat alam dan serat buatan
Aneka Serat Alam

Secara umum, serat dikelompokkan menjadi serat alam dan serat buatan. Serat alam terbagi dalam kategori besar, yaitu serat yang berasal dari tumbuhan, hewan, materi, dan anorganik. Kapas, rami, dan kapuk adalah beberapa contoh serat alam yang berasal dari tumbuhan, sedangkan wol dan sutra adalah serat yang berasal dari hewan, sementara serat asbes adalah contoh serat yang berasal dari material anorganik.

Serat buatan terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu serat yang bahan bakunya berasal dari alam, kemudian mengalami polimerisasilanjutan seperti viskosa, asetat, kuproamonium, dan sebagainya. Ada juga serat buatan yang bahan bakunya dari hasil sintesis polimerisasi misalnya poliester, nilon, poliuretan, polivinil, dan lainnya. Sedangkan yang ketiga, yaitu serat yang berbahan dasar anorganik, misalnya serat logam, gelas, dan lainnya.

sumber : LKS Prakarya Kelas 7

No comments