Takjub! Pohon Pisang Ternyata Mampu Membuat Kambing Menjadi Sehat Dan Gemuk

Teknik Pembuatan Atau Cara Membuat Pakan Fermentasi Untuk Kambing | Blog Kang Hamzah - Di era yang serba modern ini ada begitu banyak sekali cara atau langkah dan teknik untuk membuat makanan hewan ternak, misalnya seperti yang bakal ane bahas pada kesempatan kali ini, dan untuk cara membuat pakan fermentasi untuk hewan ternak tersebut memang diperlukan sebuah keuletan serta keterampilan yang cukup mumpuni, jangan sampai asal membuat saja karena hal tersebut berkaitan dengan nyawa hewan yang saat ini kita ternak.

Kelebihan pakan ternak hasil fermentasi untuk ternak antara lain ialah :
  • Bisa membuat daging lebih padat.
  • Kolesterol rendah.
  • Kambing menjadi jauh lebih gemuk tetapi sehat.
  • Bisa menambah bobot.
  • Ramah lingkungan, sebab kotorannya tidak berbau, dan
  • Urine dari hewan tersebut bisa digunakan sebagai biogas alami.

Adapun bahan-bahan utama yang perlu anda siapkan ialah; pohon pisang ataupun jerami padi, menurut para peneliti, dengan memakai kedua bahan tersebut dan dengan memakai sistem seperti ini dalam 10 hari saja, insya Allah bobot hewan shobat bisa bertambah sekitar 2 hingga 4 kg.

cara membuat pakan fermentasi untuk ternak, teknik pembuatan pakan hasil fermentasi buat kambing, tips agar kambing gemuk dan sehat
Pencampuran Pelepah Pisang Dengan Bahan Lainnya. (Sumber: organichcs)


Cara membuat pakan dengan fermentasi pohon pisang

  1. Jika memakai gedebog pisang ataupun pohon pisang, lakukanlah pencacahan ukuran kecil-kecil tidak usah halus, lalu fermentasi dengan air sebanyak 1 liter, namun jika memakai jerami padi maka pemberian airnya lebih banyak sebesar 10 liter, kemudian masukkan semua bahan-bahan tersebut kedalam drum ataupun tempat yang tidak ada resapan untuk airnya.
  2. Campurkanlah bahan-bahan yang anda gunakan dengan bahan bekatul serta ampas tahu.
  3. Masukkan larutan gula pasir serta buah nanas yang sudah anda parut, buah nanasnya cukup 1 buah saja.
  4. Kemudian semua bahan-bahan tersebut di campur ataupun di aduk-aduk sampai merata, lalu diamkan kurang lebih selama 15 menit saja.
  5. Setelah itu, masukkan garam secukupnya saja dan masukkan lagi airnya kurang lebih sebanyak 10 liter, lalu aduklah sampai merata.
  6. Jika semuanya sudah dilakukan, lalu diamkan 1 hingga 3 hari saja untuk bahan utama dari pohon pisang dan 1 hari buat jerami padinya.
  7. Setelah itu, fermentasipun telah jadi dan siap anda sajikan kepada hewan ternak anda.

Nah, bagi shobat yang punya kambing di rumah atau barangkali tetangga shobat, cobalah bereksperimen dengan pakan fermentasi ini. Kalau nanti berhasil, jangan lupa kritik dan sarannya untuk blog ini ya. Demikian ulasan mengenai cara bagaimana membuat pakan fermenteasi kambing yang bisa shobat praktekan langsung di rumah. Semoga bermanfaat, terima kasih.

No comments