Inilah Obat Jerawat Anjuran Rosulallah SAW

Inilah Obat Jerawat Anjuran Rosulallah SAW | Blog Kang Hamzah - Begitu banyak kajian ilmu pengetahuan dalam Islam. Melalui Rosulallah SAW, Allah SWT memberikan firman-Nya yang ditulis dalam Alquran. Tidak hanya masalah aqidah dan akhlak yang begitu luar biasa, melalui hadits-haditsnya Rosulallah SAW memberikan perihal masalah kehidupan sehari-hari yang begitu banyak sekali manfaatnya untuk kita selaku umatnya.

Salah satunya yaitu tentang bagaimana cara menyembuhkan jerawat. Ternyata, masalah kulit wajah yang satu ini tidak hanya mengganggu penampilan para remaja masa kini, melainkan sudah terjadi sejak puluhan bahkan ribuan tahun yang lalu.

Ada riwayat yang menerangkan bahwa suatu ketika baginda Rosulallah SAW mengumpulkan istri-istrinya. Saat itu terlihat ada salah satu istri beliau yang wajahnya di tumbuhi jerawat. Beliau kemudian memberikan saran kepada sang istrinya tersebut untuk mengobati jerawatnya. Lalu apakah obat jerawat yang di sarankan oleh Rosulallah SAW?

Baca juga : Ini dia kesalahan Muslimah ketika berhijab

Jerawat dalam bahasa Arab di sebut dengan nama batsrah, yaitu suatu benjolan kecil dimana di dalamnya terdapat zat panas yang secara alami akan tumbuh, seiring dengan tumbuh kembang manusia itu sendiri.

Obat jerawat yang disarankan atau dianjurkan oleh Rosulallah SAW ini tentunya bebas dari efek samping. Tentu saja ini bisa menjadi salah satu alternatif bagi shobat yang sudah capek atau lelah mengatasi begitu banyak jerawat yang tumbuh yang tidak kunjung sembuh.

Inilah Obat Jerawat Anjuran Rosulallah SAW
Sumber gambar: kaskus.co[dot]id


Hal ini diceritakan oleh Ibnu As-Sunny yang mendapatkan riwayat dari para istri Nabi Muhammad SAW. Mereka (istri Nabi) bercerita bahwa di suatu waktu Nabi Muhammad SAW menemui istrinya. Diantara istri-istrinya tersebut ada yang tampak tumbuh semacam jerawat di wajahnya. Lantas, kemudian Rosulallah SAW bertanya yang artinya :
“Engkau punya minyak wangi dzarirah?.” Mereka menjawab, “punya”. Rasulullah bersabda, “Bubuhkan di jerawatmu itu seraya membaca doa, ‘Ya Allah yang mengecilkan yang besar dan membesarkan yang kecil, kecilkanlah jerawatku ini.” Hadits ini diakui oleh Adz-Dzahabi, dikeluarkan oleh Al-Hakim dan sanadnya adalah shahih.

Dzarirah adalah salah satu wewangian yang berbahan dasar dari sari batang pohon arum. Karena sifatnya yang kering dan panas membuat tanaman ini dipercaya mampu menyembuhkan jerawat. Selain sifatnya kering dan panas, tanaman ini juga bisa mengeluarkan isi yang ada di dalam jerawat. Tak hanya itu, keistimewaan lain dari pohon ini yaitu bisa mengeluarkan aroma yang wangi.

Tanaman  dzarirah bisa shobat temukan di India. Sekarang banyak masyarakat di sana yang memanfaatkan dan membudidayakan tanaman ini untuk dijadikan sebagai obat dari berbagai macam penyakit. Seperti liver, radang lambung, kekurangan imun tubuh, dan bahkan ada yang menyebutkan bahwa tanaman dzarirah ini mampu menguatkan jantung.

Meskipun Rosulallah SAW tidak menjelaskan secara detail, namun tanaman ini memang benar-benar dipercaya mampu menghilangkan jerawat. Jika jerawat shobat tak kunjung sembuh, cobalah mengikuti saran obat jerawat anjuran Rosulallah SAW. Terima kasih.

No comments