Keutamaan, Tata Cara, Doa, Dan Niat Sholat Dhuha

Keutamaan, Tata Cara, Doa, Dan Niat Sholat Dhuha - Sebelum kita mengetahui apa itu keutamaan sholat dhuha, mari sobat blog kang hamzah kita lihat bagiamana dan apa manfaat dan makna sobat blog kang hamzah melaksanakan sholat dhuha. Ibarat kita berjualan, sholat sunnah merupakan untung kita sebagai penjual. Sedangkan sholat wajib lima waktu itu merupakan modal kita. Jadi, laksanakan sholat sunnah agar kita semua mendapatkan untung. Salah satunya adalah sholat duha. Berikut beberapa manfaat dan maknanya sholat dhuha :

"Rosulallah SAW bersabda, hendaklah masing-masing kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu pada setiap pagi. Sebab setiap kali bacaan tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh orang lain agar melakukan amal kebaikan adalah sedekah, melarang orang lain agar tidak melakukan keburukan adalah sedekah. Dan sebagai ganti dari semua itu maka cukuplah mengerjakan dua rakaat shalat dhuha." (HR. Muslim dan Abu Daud dari Abu Dzar)

Pengertian Sholat Dhuha


Sholat dhuha merupakan salah satu sholat sunnah yang dikerjakan pada saat setelah terbit matahari (jam 07:00) hingga menjelang masuk waktu sholat duhur (jam 11:00). Lebih baik dikerjakan pada saat matahari mulai merangkak naik yaitu sekiatr jam 09:00. Selain itu, sholat dhuha juga dikenal dengan sebutan sholat sunnah untuk memohon rezeki. Sebagaimana sabda Rosulallah SAW sebagai berikut :

"Allah berfirman : Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat pada waktu permulaan siang (Shalat Dhuha) niscaya pasti akan Aku cukupkan kebutuhanmu pada akhir harinya." (HR.Hakim dan Thabrani)

Tata Cara Melaksanakan Sholat Dhuha


Pertama yang harus dilakukan adalah niat dalam hati pada saat membaca takbirotul ikhrom, yaitu :

niat sholat sunnah dhuha


"Ushalli Sunnatadh-dhuhaa rak’ataini lillaahi ta’aalaa" yang artinya Aku niat shalat sunat dhuha dua rakaat, karena Allah ta’ala."

Sholat dhuha dilakukan minimal sebanyak 2 (dua) rakaat dan maksimal 12 (dua belas) rakaat. Untuk cara bagaimana melaksanakan sholat dhuha sebenarnya sama dengan sholat wajib dan sunnah lainnya, yaitu melakukan syarat dan rukun shalat, hanya letak perbedaannya yaitu terletak pada waktu membaca surat al-qur`an. Yaitu pada rakaat pertama sebaiknya membaca surat Asy-Syam (Wasyamsi Wadduhaha) dan rakaat kedua membaca surat Al-Lail (Waddhuha Walaili). Apabila tidak mampu untuk membaca surat tersebut bisa di ganti dengan surat al-qur`an yang lainnya.

Baca juga :

Doa Sholat Dhuha


doa sholat duha dan artinya
Doa Sholat Duhadan Artinya


Baik, itulah sekilas tentang keutamaan, tata cara, doa, dan juga niat sholat dhuha. Dengan kata lain rezeki, kematian, dan jodoh itu memang berada di dalam kuasa Allah SWT, namun itu semua bisa kita tambah dengan cara terus berusaha menjadi insan yang baik dan bersyukur, dan bisa berkurang jika kita tidak mau mensyukuri atas apa yang telah diberikan oleh-Nya kepada kita. Wallahu a`lam bishshoaab.

No comments