Capolaga Adventure Camp, Surganya Tempat Wisata Di Subang, Jawa Barat

Capolaga Adventure Camp, Surganya Tempat Wisata Di Subang, Jawa Barat - "Gembira Bersama Alam", merupakan kutipan kalimat yang menjadi ciri khas dari objek wisata alam Capolaga ini. Capolaga adalah salah satu tempat wisata yang berada di Kabupaten Subang tepatnya di Desa Cicadas yaitu Kampung Panaruban, Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Bisa di bilang Capolaga merupakan surganya tempat wisata alam ke dua setelah Tangkuban Parahu. Karena di sini shobat akan menemukan begitu banyak keindahan alam yang benar-benar membuat mata shobat semua terpukau.

Bagi shobat blog kang hamzah yang sedang berlibur ke Bandung atau ke objek wisata seperti Tangkuban Parahu atau Ciater cobalah menyempatkan waktu untuk mampir ke Capolaga. Disini shobat akan menemukan banyak air terjun (curug) yang semuanya ada tiga yaitu curug karembong, curug sawer, dan curug goa badak.

Curug karembong, capolaga, subang
Curug Karembong

Curug sawer, capolaga, subang
Curug Sawer

Curug goa badak, capolaga, subang
Curug Goa Badak



Selain ketiga curug tersebut, di kawasan ini shobat juga bisa melihat sungai yang mengalirkan air begitu jernih. Di pinggir sungai terdapat tempat untuk berkemah dan juga area bermain yang luas. Sangat cocok untuk shobat muda yang mau berkemah di capolaga ini.

Di kawasan Capolaga ini juga terdapat kebun teh yang begitu luas dengan nuansa hijau alam pegunungan yang sejuk dan segar. Selain itu juga ada beberapa wahana seperti air terjun (curug), sungai, camping ground, flying fox, hutan pinus, recreation center, gathering, photography, adventure sport, trekking, water theraphy, dan lain-lain yang dikemas sedemikian rupa. Selain itu, kebersihan dan keindahan di areal wisata begitu di jaga dengan baik.

Pada saat ane berkunjung ke Capolaga, biaya untuk masuk ke objek wisata capolaga ini dikenakan dengan biaya sebesar Rp 10.000,-/ Orang, karena ane dan temen-temen menginap satu malam, jadi biayanya bertambah menjadi Rp 30.000,-/ Orang. Sedangkan untuk makan dan minum shobat membeli sendiri di warung yang dekat dengan lokasi pada saat shobat camping. Ane saranin lebih baik membawa bekal, peralatan masak, dan perlengkapan makan sendiri agar bisa irit, karena harga makanan yang ditawarkan warung-warung disekitar areal objek wisata bisa di bilang sangat mahal, yaitu dua kali lipat dari harga dasar.

Sejarah Singkat Capolaga

Capolaga di buat oleh salah seorang yang mempunyai lahan sekitar 10 Hektar, beliau berasal dari Bandung. Mulai di bangun pada tahun 2001 dengan memperkejakan masyarakat sekitar, yaitu dengan alat seadanya membentuk bukit-bukit yang indah. Setelah selang empat tahun yaitu tepatnya pada tahun 2004 capolaga baru di buka untuk umum, sekitar sebelas tahun yang lalu.

Pada tahun 2010, orang yang membuat capolaga akhirnya meninggal. Dari 2010 sampai sekarang capolaga diteruskan atau diwariskan kepada anaknya.

Fasilitas dan Penyewaan

Untuk fasilitas dan penyewaan bisa di lihat dengan gambar berikut di bawah ini. (Klik untuk memperbesar gambar). Gambar ini di ambil dari Tim administrasi Capolaga Adventure Camp saat ane berkunjung dan menginap semalam di objek wisata Capolaga.















Rute Perjalanan Ke Capolaga

Untuk menuju ke objek wisata Capolaga ini kalau dari arah Bandung, yaitu setelah melewati kawasan Tangkubanparahu dan kawasan Lembang shobat akan menemui tempat wisata Ciater, namun sebelum sampai ke tempat wisata Ciater shobat akan menemukan pertigaan pasa, jalan menurun dan jangan mengikuti jalan raya tetapi shobat ikuti jalan tersebut yang nantinya jalan ini akan membawa shobat menuju ke tempat wisata Capolaga.

Sedangkan dari arah Subang Kota yaitu setelah melewati jalan Cagak dan objek wisata Ciater yaitu shobat akan menemukan pertigaan pasa, lalu belok kanan, dan selanjutnya sama seperti yang diatas yaitu menuju jalan yang menurun lurus.

Foto-foto Keceriaan










Bagi shobat yang mau berlibur ke Capolaga hendaknya dipersiapkan segala sesuatunya agar pada saat sampai di tempat wisata Capolaga bisa menikmati keindahan dan keramahan alam yang sesungguhnya. Itulah sedikit berbagi informasi mengenai objek wisata alam Capolaga. Apabila shobat sudah berkunjung, silahkan berbagi pengalaman dengan shobat blog kang hamzah di sini, atau berbagi foto juga boleh. Terima kasih, selamat berlibur dan semoga membantu.

No comments