Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan - Tanaman Pepaya merupakan salah satu tanaman yang berasal dari Meksiko. Tanaman yang memiliki nama latin Carica papaya masuk ke dalam keluarga Caricaeae. Selain ketika buahnya sudah matang di makan begitu saja, buah pepaya yang muda, biasa di masak oleh ibu-ibu untuk dijadikan sebagai tumis.

Selain itu, daun pada tanaman pepaya juga bisa dijadikan sebagai lalapan yang di temani dengan sambal. Namun, manfaat atau kegunaan daun pepaya tidak sebatas itu saja, melainkan masih banyak manfaat-manfaat daun pepaya lainnya. Berikut ane kasih beberapa manfaat daun pepaya untuk kesehatan tubuh kita. Manfaat atau kegunaan daun pepaya untuk kesehatan.

Manfaat Daun, Pepaya, kegunaan daun, daun pepaya, manfaat daun pepaya untuk kesehatan
Daun Pepaya berguna untuk kesehatan

Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

Mengobati Demam Berdarah
Emag bisa Kang?? jawabannya bisa, caranya ambil 4-5 lembar daun pepaya, kemudian rebus ke dalam wadah yang berisi 3 gelas air sehingga akan tersisa 1 gelas air saja. Minumlah air rebusan daun pepaya tadi. Alangkah baiknya dalalm memakan daun pepaya hendaknya kita jangan berlebihan, kecuali jika sudah mengkhawatirkan.

Meningkatkan Nafsu Makan
Caranya agar meningkatkan nafsu makan khususnya buat anak kecil biasanya. Siapkan daun pepaya yang segar yang berukuran sekitar telapak tangan, campur garam sedikit, serta air hangat yang tidak terlalu banyak, cukup setengah cangkir saja. Kemudian campur semua bahan ke dalam blender atau di tumbuk. Selanjutnya, saring untuk di ambil airnya dan minumlah. Ramuan yang khas ini sangat aman untuk di konsumsi.

Masker Anti Jerawat
Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita, daun pepaya juga berguna untuk kecantikan wajah kita shobt. Caranya yaitu daun pepaya sebelumnya sudah di keringkan, kemudian dilumatkan, dan di campur dengan air terus usapkan ke wajah layaknya masker.

Melancarkan Pencernaan
Didalam daun pepaya terdapat kandungan yang dinamakan dengan nama Karpain, dimana kandungan ini sanagt baik bagi saluran pencernaan tubuh kita. Mengapa demikian? Karena karpainlah yang berperan penting membunuh microorganisme penganggu dalam pencernaan tubuh kita. Cara menggunakannya adalah cukup sebagai lalapan saja.

Mengobati Nyeri Haid
Yaitu daun pepaya di campur dengan asam jawa, ini meruapakn cara yang efektif untuk mengatasi rasa sakit atau nyeri akibat datang bulan. Caranya adalah sediakan satu lembar daun pepaya, garam secukupnya, air serta asam jawa tentunya. Lalu campur dan rebus bahan-bahan yang telah disediakan tadi dan rebus hingga matang. Baik diminum selagi hangat.

Menambah Nutrisi untuk Balita
Daun pepaya terdapat banyak mengandung vitamin dan mineral. Apabila balita atau anak sahabat-sahabat kekurangan nutrisi, gunakanlah daun pepaya untuk mengatasi kekurangan tersebut. Caranya yaitu siapkan satu lembar daun pepaya, cuci, kemudian rebus ke dalam air satu setengah gelas sampai mendidih, saring untuk di ambil airnya. Selanjutnya minumkan pada balita sebanyak dua sendok makan setiap hari.

Manfaat Lain
Selain beberapa kegunaan atau manfaat daun pepaya di atas, daun pepaya juga berguna untuk yang lainnya, seperti melunakkan daging. Jika shobat mau masak daging, agar daging terasa empuk maka rebus daging dengan daun pepaya. namun jangan terlalu banyak karena akan mengakibatkan rasa daging menjadi pahit.

Baik, itulah beberapa manfaat atau keguanaan daun pepaya untuk kesehatan tubuh kita. Semoga apa yang baru ane tulis bisa bermanfaat buat sahabat-sahabat. Terimakasih.

No comments