Resep Cara Membuat Bakpao Kacang Hijau Empuk

Resep Cara Membuat Bakpao Kacang Hijau Empuk | Blog Kang Hamzah - Hokkian adalah merupakan salah satu makanan tradisional Tionghoa. Sedangkan orang Indonesia mengenalnya dengan nama Bakpao. Bakpao berasal dari dua kata yaitu Bak yang artinya daging dan Pao yang berarti bungkusan, berarti arti Bakpao itu sendiri adalah suatu bungkusan yang berisi daging.

Bakpao sendiri awalnya berisi daging, namun setelah berjalannya waktu, agar makan bakpao tidak bosan maka bakpao sekarang sudah banyak dimodifikasi isinya, misalnya bakpao berisi daging, bakpao berisi kacang hijau, bakpao berisi cokelat, bakpao berisi selai, dan masih banyak bakpao yang isinya beragam.

Resep Cara Membuat Bakpao Kacang Hijau Empuk, enak, lezat, bakpao isi cokelat, bakpao daging ayam
Bakpao Bentuk buah yang menggoda mata
Nah, pada postingan kali ini ane mo nyampein salah satu macam bakpao yang disebutkan  di atas yaitu resep cara membuat bakpao rasa kacang hijau yang empuk dan tentunya menambah cemilan sahabat-sahabat semua. Baik langsung ke TKP shobt.

Resep Cara Membuat Bakpao Kacang Hijau Empuk

Bahan-Bahan 1 :
  • 500 gr tepung terigu
  • 2 sendok teh ragi instant
  • 200 ml air
Bahan-bahan 2 :
  • 450 - 500 gr tepung terigu
  • 2 sendok teh beking powder
  • 250 gr gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • 200 ml air
  • 40 gr mentega putih
  • Kacang hijau yang sudah direbus dan di siap untuk dijadikan isi bakpao
Cara Membuat Bakpao Kajang Hijau yang Empuk dan Enak
  1. Siapkan wadah yang besar, campurkan bahan-bahan 1 ke dalam wadah lalu aduk hingga merata. Kemudian Tutup wadah tadi dengan lap, dan diamkan sekitar 2 jam hingga adonan mengembang, kemudian sisihkan.
  2. Campur bahan-bahan 2 kemudian aduk menggunakan tangan (di uleni) hingga rata. Lalu masukkan ke dalam adonan 1. Dan kembali uleni lagi sampai benar-benar tidak lengket atau tidak nempel di tangan. Kemudian tutup adonan tadi dengan lap basah dan diamkan kurang lebih selama satu jam hingga mengembang.
  3. Pukul-pukul adonan yang sudah mengembang tadi hingga kempis. Dan pastikan udara yang ada di dalam adonan sudah terbuang semua yaitu dengan cara di uleni kembali. Lalu bentuk adonan bulat dan besar kemudian diamkan sampai 10 - 15 menit.
  4. Potong adonan tadi kemudian timbang sekitar 30 gr atau berat sesuka shobat. Bentuk adonan yang sudah di potong dan di timbang tadi menjadi bulat dan pipihkan, beri isi kacang hijau tadi kemudian tutup dan bulatkan kembai seperti semula. Lalu letakkan bulatan tadi di atas kertas roti yang telah disediakan. Diamkan sekitar 10 - 15 menit hingga adonan yang dibuat agak sedikit mengembang.
  5. Panaskan alat pengukus untuk mengukus adonan bakpao tadi dengan api sedang jangan terlalu panas. Selanjutnya susun bulatan bakpao tadi dan bungkusi penutup dandang tadi dengan menggunakan kain. Kukus selama 15 - 20 menit sampai matang dan mengembang. Angkat dan bakpao siap di santap.

Itulah, resep cara membuat bakpao kacang hijau empuk ala kang hamzah. Terima kasih sudah menyempatkan waktu untuk mampir ke gubuk ane shobt. Terima kasih semoga bermanfaat.