Antusias, Pelaksanaan Sholat Sunnah Gerhana Matahari Di Desa Widasari

Warga Masyarakat Widasari Melaksanakan Sholat Sunnah Gerhana Matahari Di Masjid | Blog Kang Hamzah - Hari ini (09/03/16) adalah hari dimana Indonesia salah satu Negara yang menjadi lintasan terjadinya gerhana matahari total (GMT). Gerhana matahari total pernah terjadi pada tahun 1988 atau sekitar28 tahun silam, dan hari ini kembali terjadi di bumi Indonesia tahun 2016 tepatnya tanggal 09 Maret 2016.

Berbagai macam kegiatan yang dilakukan oleh warga masyarakat Indonesia, mulai dari melihat terjadinya gerhana matahari di berbagai daerah secara bersama-sama, salah satunya di daerah Belitung, dan ada juga yang melaksanakan sholat sunnah gerhana matahari secara berjamaah, serta ada pula yang berdoa bersama-sama meminta keselamatan.

Masjid Fathillah Widasari Indramayu
Masjid Fathillah Widasari Indramayu


Nah, pagi hari tadi warga masyarakat Widasari antusias untuk melakasanakan sholat sunnah gerhana matahari di Masjid Jami` Fathillah Desa Widasari Kecamatan Widasari Kabupaten Indramayu.

Adapun cara sholat sunnah gerhana matahari yaitu yang pertama niat
Usholli sunnatallikusuufi syamsi rok`ataeni mustaqbilal qiblati lillahi ta`ala.

Dalam pelaksanaan sholat sunnah gerhana matahari ini ada yang berbeda dengan sholat sunnah yang lainnya yaitu ada dua ruku` dalam satu rokaat. Jadi, pertama membaca iftitah, fatihah, terus membaca surat pendek, baru kemudian ruku`,. Nah, setelah ruku` takbir kembali, membaca fatihah dan surat pendek kembali, baru kemudian ruku`, i`tidal dan sujud. Begitu seterusnya pada rokaat yang kedua.

Pelaksanaan sholat sunnah gerhana dimulai pukul 07.00 WIB dengan imam sholat yaitu KH. Sya`roni, dilanjut dengan khutbah yang disampaikan oleh KH. Ishaq Sholichin. Setelah selesai sholat dan khutbah para jama`ah bersalaman bersama.

Sahabat Blog Kang Hamzah, sebenarnya banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan ketika terjadi gerhana matahari total (GMT). Tetapi, ambil kegiatan yang sekiranya bisa bermanfaat dan bisa menambah taqwa kita kepada Allah SWT. Terima kasih, semoga bermanfaat.