Cara Membuat Blog Gratis Mudah Di Blogspot Terbaru

Cara Membuat Blog Gratis Di Blogspot Mudah Terbaru | Blog Kang Hamzah - Tidaklah sulit untuk membuat sebuah blog di blogspot, dengan hanya beberapa langkah saja blog shobat sudah jadi dan langsung bisa digunakan untuk menulis online di google. Namun, tidak hanya itu yang akan ane jelasin pada postingan kali ini. Sebisa mungkin ane akan jelasin dengan detail pengaturan (setting) dan sebagainya.

Sebelum kita lanjut ke soal cara membuat blog, sedikit flash back mengenai tentang apa itu blog?. Menurut situs Wikipedia, di situ tertulis blog adalah kependekan dari kata web log yang mana ini untuk menamakan aplikasi berbentuk web yang isinya lebih condong pada tulisan atau artikel yang umumnya tulisannya ditampilkan dalam bentuk berurutan mulai dari artikel terbaru hingga yang paling lama yang telah dipublikasikan. Lalu, apa perbedaan blog dengan website ? Perbedaan blog dengan website adalah dimana blog selalu update atau berubah/tidak statis, yaitu dengan adanya artikel terbaru dalam setiap saatnya, sehingga ini mempengaruhi tampilan antar mukanya.

Apa tujuan kita membuat blog? Tujuan utama kita membuat blog tak lain dan tak bukan adalah untuk berbagi ilmu, baik ilmu yang berasal dari orang lain ataupun dari pengalaman pribadi. Selain itu, tujuan dari pembuatan blog yang saat ini mulai marak adalah sebagai bisnis dan mencari penghasilan melalui internet. Fakta menyebutkan bahwa hingga saat ini, khususnya pengguna blogger di Indonesia kini sudah yang menghasilkan mulai dari jutaan, puluhan juta, dan bahkan sampai ratusan juta per bulan hanya bermodalkan blogspot gratisan. Termasuk ane juga sekarang alhamdulillah sudah merasakan manfaat dari membuat atau mengelola blog ini. Baik, langsung saja ke pembuatan blognya.

Proses dan Langkah Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot


1.  Buat Email di Gmail
Salah satu syarat untuk membuat blog di blogger.com yaitu punya email Gmail. Silahkan bisa di lihat postingan cara membuat email Gmail yang sudah ane post. Selain sebagai syarat, tujuan lain dari pembuatan Gmail adalah bisa shobat gunakan untuk mendaftar facebook, upload video di Youtube, aktif di Google+, untuk daftar akun BBM, atau yang punya handphone berbasis android harus punya yang namanya Gmail, dan untuk keperluan lainnya. Pokoknya tak ada ruginya kalau shobat membuat email Gmail.

2.  Masuk Ke www.blogger.com
Setelah membuka alamat website resmi tersebut di atas, maka shobat akan melihat gambar seperti yang ada di bawah. Silahkan isi dengan alamat email dan kata sandi yang sebelumnya sudah shobat buat. Kemudian klik Masuk / Login.

Bagaimana Cara Membuat Blog Gratis Di Blogspot Mudah Terbaru, cara bikin blog gratis
Tampilan Awal Blogger.com


Keterangan :
Pada baris pertama shobat isi dengan alamat email yang sebelumnya sudah di buat, sedangka pada baris yang kedua shobat isi dengan kata sandi yang sama dengan pada saat membuat email di Gmail. Pastikan jangan sampai salah ketik, antara huruf kapital dengan huruf tidak kapital atau huruf kecil saat memasukkan kata sandi (password).

3.  Mulai Buat Blog Baru
Setelah masuk, selanjutnya shobat akan di bawa ke halaman seperti yang ditunjukkan oleh gamabr di bawah ini. Silahkan klik tombol yang ada di sebelah kiri dengan tulisan Blog Baru / Create Blog.

Cara Membuat Blog Gratis Mudah Di Blogspot Terbaru
Cara Membuat Blog Gratis Mudah Di Blogspot Terbaru


4.  Beri Judul, Alamat, Dan Pilih Template
Selanjutnya muncul sebuah halaman kecil yang terdapat empat langkah cepat untuk membuat blog baru, seperti pada gambar di bawah ini.

Cara Membuat Blog Gratis Mudah Di Blogspot Terbaru
Tampilan Saat Membuat Blog


Penjelasan :
  1. JUDUL - Pada kolom ini shobat isi dengan judul blog yang shobat inginkan. Alangkah baiknya judul blog sesuai dengan tema-nya, agar nantinya mudah dan cepat terindeks oleh mesin pencari Google. Misalnya shobat buat blog yang isinya seputar kesehatan tentu judul blognya menggunakan istilah kesehatan, seperti Hidup Sehat, Info Seputar Kesehatan, dan lain sebagainya. Atau misalnya membuat blog personal tentu alamat dan judulnya nama shobat sendiri, seperti Blog Kang Hamzah ini.
  2. ALAMAT URL - Pada kolom ini shobat isi dengan alamat URL gratisan yang belum pernah digunakan oleh orang lain, seperti misalnya kalau blog shobat tentang kesehatan alamat URLnya yaitu hidupsehat.blogspot.com, dan sebagainya. Kalau setuju atau belum digunakan oleh orang akan muncul tanda centang berwarna biru, dan apabila sudah ada yang menggunakan alamat URL tersebut tandanya yaitu tanda seru (!) berwarna kuning. Lanjut ke langkah berikutnya.
  3. TEMPLATE - Ada banyak gambar yang ditampilkan, dan ini merupakan tampilan blog shobat nantinya. Namun demikian, tampilan tersebut masih bawaan blogspot, bisa shobat ganti dengan yang lebih keren dan menarik lagi dengan mendownload template di situs penyedia template blog yang gratis. Untuk lebih jelasnya bisa shobat baca cara mengganti template blog di blogspot yang sudah ane jelasin pada tulisan sebelumnya.
  4. Klik BUAT BLOG - Bagian ini untuk menyimpan nama dan tampilan blog yang sudah shobat pilih. Blog gratis yang sederhana kini sudah bisa shobat gunakan dan siap untuk diisi dengan tulisan atau artikel-artikel shobat maupun tentang bisnis didalamnya.

Itulah sedikit berbagi tentang bagaimana cara membuat blog gratis di blogspot yang mudah dan gampang banget. Untuk membuat blog sangatlah mudah yang kadang susah itu adalah nge-Blognya atau mengisi artikel atau tulisan secara rutin. Ini sering sekali dialami oleh para blogger, termasuk ane. Oleh karena itu, tetap semangat dan terus berjuang untuk berbagi, niatkan dalam hati untuk memberi ilmu yang bermanfaat buat orang lain. Terima kasih, semoga bermanfaat.