Bahaya Kurang Minum Air Putih bagi Tubuh Kita

Bahaya Kurang Minum Air Putih Bagi Tubuh Kita - Pada postingan kemarin kita sudah membahas tentang Manfaat atau khasiat minum air putih untuk kesehatan. Air merupakan sebuah unsur yang sangat penting bagi tubuh manusia. Kebutuhan air yang ada di dalam tubuh kita 80 persen pada bayi, 60 persen pada orang dewasa, dan 50 persen pada usia lanjut atau sekitar usia 65 tahun ke atas. Bagaimana jika kebutuhan air dalam tubuh kita kurang?

Seperti pada postingan ane kemarin, bahwa banyak manfaat atau khasiat minum air dalam tubuh diantaranya berfungsi menjaga kesegaran, membantu pencernaan dan mengeluarkan racun. Dan air juga merupakan salah satu gizi penting bagi kesehatan tubuh kita, mengapa demikian? karena air berperan sebagai pelarut, sebagai katalisator, sebagai pelumas, sekaligus sebagai pengatur suhu tubuh kita serta penyedia mineral dan elektrolit.

5 bahaya akibat kurang minum air putih, pada ibu hamil, saat hamil, bagi tubuh

Oleh karena itu, ane saranin kepada sahabat-sahabat jangan pernah merasa tidak mau minum atau malas minum air, segeralah jika sahabat sudah merasa haus. Sebab, jika tidak dipenuhi, maka akan berakibat tidak baik bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa akibat atau bahaya jika tubuh kita kekurangan air putih, seperti dilansir oleh American College of Sports Medicine.

Yang pertama, kekurangan air atau dehidrasi menyebabkan cairan di otak akan menurun, akibatnya asupan oksigen yang harusnya mengalir ke otak pun berkurang. Sehingga, sel-sel otak menjadi tidak aktif dan berkembang, bahkan bisa menciut. Hal tersebut membuat fungsi normal otak menjadi berkurang, sehingga membuat seseorang menjadi lemot, gampang lupa, dan tidak konsentrasi.

Yang kedua, dehidrasi yang dialami tubuh bisa menyebabkan gejala mulai dari yang ringan dan sedang seperti lelah, haus, tenggorokan kering, badan panas, sakit kepala, air kencing pekat, denyut nadi cepat, hingga gejala berat seperti halusinasi dan kematian.

Akibat kekurangan minum air yang ketiga adalah Kekurangan air ini akan mengakibatkan infeksi pada kandung kemih. Gejala infeksi pada kandung kemih ini biasanya berupa suhu badan yang sedikit tinggi, rasa nyeri terutama ketika saat akhir buang air kecil, perasaan ingin buang air kecil yang terus-menerus dan tidak dapat ditahan, nyeri yang terasa ditekan di atas tulang kemaluan. Kadang kala terdapat darah dalam urine.

Yang keempat, perempuan harus lebih banyak mengonsumsi air karena panjang saluran kemihnya lebih pendek dibanding laki-laki. Banyak minum air akan membantu bakteri keluar dari saluran kemih dan mengurangi risiko infeksi kandung kemih.

Yang kelima, kulit jadi kusam karena kurang minum membuat aliran darah kapiler di kulit juga tidak maksimal.

Dan akibat kekurangan air yang keenam yaitu bisa mengganggu fungsi ginjal karenanya air penting untuk mencegah batu ginjal. Dengan cukup air maka komponen pembentuk batu ginjal menjadi lebih mudah luruh bersama buang air kecil.

Menurut Prof. Hiromi Shinya MD, pakar enzim yang juga guru besar kedokteran di Albert Einstein College of Medicine AS, tubuh harus mendapat pasokan air yang cukup. Dan menkonsumsi air 6-8 gelas per hari (1,5-2 liter) ialah yang seharusnya dilakukan.

Baik itu saja postingan tentang bahaya kurang minum air putih bagi tubuh kita dari ane. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung ke gubuk ane.