Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca Di Kabupaten / Kota Tahun 2016

Menghadiri Acara Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca Tahun 2016 | Blog Kang Hamzah - Kegiatan ini merupakan salah satu program yang dicanangkan oleh Ketua Komisi X DPR RI Bpk. Dr. H Dedi Wahidi Tahun 2016 yang sudah berjalan beberapa tahun sebelumnya dan hanya beberapa Kabupaten / Kota yang diberi kesempatan untuk melaksanakan kegiatan safari ini. Termasuk Kabupaten Indramayu yang mendapatkan kesempatan bisa melaksanakan kegiatan ini, mengingat masih banyak masyarakat Indramayu khususnya yang minat bacanya masih rendah.

Oleh karena itu, kegiatan ini dilaksanakan guna meningkatkan minat baca masyarakat Indramayu dan melaksanakan salah satu program negara yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dengan mengambil tema " Membangun Karakter Bangsa Melalui Gemar Membaca Dengan Memberdayakan Perpustakaan ".

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula GOR Yayasan Darul Ma`arif Kaplongan Indramayu (Kampus Hijau). Nampak hadir perwakilan dari berbagai instansi, LPM, dan Komunitas, termasuk Komunitas ane yaitu Komunitas Blogger X Cimanuk (KBXC), serta siswa dan siswi dari SMK NU Kaplongan dan SMA Negeri 1 Sindang yang memberikan sebuah penampilan yang luar biasa mengawali acara Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca Tahun 2016 di Indramayu.






Selain itu, nampak hadir pula Ketua Yayasan Darul Ma`arif, Wakil Ketua Perpustakaan Nasional RI, Sekda Kab. Indramayu, Ketua Arsip dan Perpustakaan Kab. Indramayu, serta Kepala Instansi dan Kepala Perangkat Desa dari berbagai daerah di Indramayu.

Dr. H. Dedi Wahidi (Kiri), Supriyanto, M.Si (Kanan)

Menurut Bpk. Supriyanto, M.Si selaku Wakil Ketua Perpustakaan Nasional RI menuturkan, bahwa maju dan rendahnya suatu daerah bisa dilihat dari segi minat baca masyarakat di daerah tersebut tinggi atau rendah. Apabila minat baca masyarakat di suatu daerah itu tinggi, maka bukan tidak mungkin daerah tersebut akan maju dan berkembang, dan begitu juga sebaliknya.

Jadikan buku (membaca) merupakan jendela untuk melihat dunia dan jadilah generasi yang gemar membaca, agar kelak menjadi generasi yang unggul. Tambah Bpk. Supriyanto, M.Si.

Selain itu, menurut Ketua Komisi X DPR RI Bpk. Dr. H. Dedi Wahidi menuturkan bahwa melek huruf khususnya di Negara Indonesia itu sangat tinggi, tetapi melek baca di Indonesia masih sangat jauh. Oleh karenanya, perlu adanya program yang membuat minat baca masyarakat Indonesia menjadi tinggi salah satunya yaitu program Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca ini.

Kegiatan ini diakhiri dengan sesi tanya jawab.






Akhirnya dari ane dan perwakilan Komunitas Blogger X Cimanuk berharap semoga kegiatan Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca ini terus berlanjut agar minat baca masyarakat Indonesia umumnya dan masyarakat Indramayu khususnya menjadi lebih baik dan meningkat. Bacalah ! bacalah ! agar kamu menjadi pribadi yang unggul.