Ini Dia Senam Yang Baik Untuk Ibu Hamil, Mom!

Senam Yang Baik Untuk Ibu Hamil | Blog Kang Hamzah - Saat massa kehamilan para wanita wajib menjaga kesehatan mereka sebaik mungkin supaya perkembangan janinnya sehat dan baik. Setiap ibu hamil wajib memperhatikan asupan makanan serta minuman yang akan ia konsumsi. Konsumsilah makanan dan juga minuman yang bisa membuat ibu serta janinnya sehat. Selama massa kehamilannya, para kaum wanita akan mengalami suatu perubahan fisiknya dan juga mentalnya, maka dari itu setiap wanita bisa melakukan olahraga guna menjaga kesehatan serta kebugaran tubuhnya dan untuk mempersiapkan persalinannya.

Inilah pentingnya olahraga untuk kesehatan dan kebugaran, walaupun sedang hamil. Salah satu jenis olahraga yang baik untuk ibu hamil yang bisa dilakukan ialah senam. Tetapi senam yang harus dilakukan bukanlah senam seperti aerobik yang gerakkannya energik. Senam ibu hamil ini merupakan terapi melalui gerakkan khusus untuk ibu hamil guna mempersiapkan persalinan yang lancar serta sebagai pengendalian emosional.

Apakah dengan melakukan senam akan aman bagi ibu hamil?

Sebelum mereka memutuskan untuk melakukan olahraga senam khusus buat ibu hamil, maka sebaiknya para ibu hamil berkonsultasilah kepada dokter kandungan supaya diketahui apakah kondisi kehamilan dirinya beresiko atau tidak. Senam ibu hamil tersebut aman dilakukan bagi kehamilan seorang ibu yang tidak beresiko. Gerakkan ibu hamil tersebut ini tidaklah begitu energik dan bahkan senam tersebut tak mengeluarkan keringat yang sangat banyak, namun berkhasiat untuk mengendurkan si otot-otot dan mampu melancarkan peredaran darah di dalam tubuh sehingga nantinya tubuh akan merasakan lebih rileks.

Ini Dia Senam Yang Baik Untuk Ibu Hamil, Mom!, senam ibu hamil, olahraga ibu yang sedang hamil
Para Ibu Hamil Yang Sedang Senam. (sumber: kehamilanku)


Bagaimana cara untuk melakukan senam ibu yang sedang hamil?

  1. Persiapkan matras atau pun yang bisa dijadikan sebagai alas buat melakukan senam tersebut.
  2. Duduklah di atas alas tersebut dengan sebuah posisi anda bersila, kemudian punggung ditegakkan serta tangan diletakkan pada kaki, ya layaknya seperti orang bermeditasi.
  3. Mulailah mengatur pernapasan caranya dengan menarik dan menghembuskan napas dengan cara perlahan-lahan melalui hidung, dan lakukanlah gerakkan seperti ini selama 5 menit saja.
  4. Luruskan kaki ke depan, lalu condongkan tubuh anda ke belakang, kemudian kedua tangan menjadi tumpuan di belakang. Gerakkan senam yang baik ini salah satunya ialah mengangkat kedua kakinya ke atas dan turunkan kembali ke bawah dan setelah itu anda pun bisa menggerakkannya ke arah samping kiri maupun kanan dengan posisi si kaki tetap lurus. Lakukanlah gerakkan tersebut berulang-ulang dalam waktu beberapa menit saja.
  5. Untuk gerakkan yang selanjutnya ialah dengan mengubah posisi gerakkan seperti merangkak dengan posisi kepala, punggung serta pantat dalam keadaan sejajar. Lakukanlah senam tersebut dengan menurunkan kepala hingga anda bisa melihat perut kemudian anda tahan gerakkan tersebut dalam waktu ya beberapa menit saja dan kemudian kembali pada posisi yang sebelumnya dan ulangilah gerakkan tersebut secara pelan-pelan.
  6. Senam ibu hamil ini sangat santai dan juga mudah untuk dilakukan, dan untuk gerakkan selanjutnya ialah dengan mengubah posisi membaringkan tubuh dalam keadaan miring ke arah kiri maupun arah kanan, dan letakkan juga bantal dibawah perut anda dan juga di kepala. Luruskan tangan anda ke depan, dan kaki dalam keadaan tegak lurus dan selanjutnya pindahkan gerakkan tangan serta kaki tersebut dengan menekukannya ke arah perut dengan secara bersamaan, lalu tahan gerakkan tersebut dalam waktu beberapa menit, kemudian kembali ke posisi semula.

Nah, itulah tips kesehatan tentang senam yang baik untuk ibu yang sedang hamil tersebut. Selain bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil, gerakkan senam tersebut juga bermanfaat bagi si janin anda. Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

No comments