Contoh Surat Pengunduran Diri Buat Instansi Atau Kantor

Contoh Surat Pengunduran Diri Buat Instansi Atau Kantor | Blog Kang Hamzah - Sahabat Blog Kang Hamzah pasti sudah pernah mendengar dan mungkin sudah pernah membuat surat pengunduran diri ini. Ya, biasanya surat ini diberikan kepada pimpinan perusahaan atau instansi tempatnya bekerja, dari seorang pegawai atau pekerja. Tentu pegawai (pekerja) atau sobat membuat surat pengunduran diri ini untuk mengajukan atau menyatakan bahwa sobat berhenti bekerja.

Baca Juga : Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Yang Baik

Tujuan lain dari sobat membuat surat pengunduran diri adalah sebagai rasa hormat (kesopanan) kita kepada perusahaan atau instansi tempat sobat bekerja. Sehingga hubungan sobat dengan pihak perusahaan atau instansi terjaga dengan baik, walaupun sobat sudah berhenti bekerja.

Ada beberapa alasan yang menyebabkan seseorang ingin berhenti atau mengundurkan diri dari tempat ia bekerja. Mulai dari merasa jenuh dan bosan, mendapat tawaran pekerjaan yang lain yang lebih menarik atau karena gajinya kurang, atau karena ketidakcocokan dengan instansi atau perusahaan, maupun ketidakcocokan dengan karyawan atau dengan atasan, dan sebagainya.

Sebelum sobat membuat atau menulis surat pengunduran diri, alangkah baiknya sobat baca dan perhatikan terlbih dahulu tips menulis surat pengunduran diri, agar jelas maksud dan tujuannya.

Tips Membuat Surat Pengunduran Diri
  • Isi surat tidak bertele-tele dan harus jelas.
  • Menyebutkan alasan mengapa berhenti bekerja dengan singkat, jelas, dan sopan.
  • Terdapat ucapan rasa terima kasih kepada pimpinan, karyawan, ataupun pengurus perusahaan atau instansi tersebut.
  • Menyampaikan maaf kepada pihak perusahaan atau instansi, kepada atasan, karyawan, dan pihak yang terkait.

Berikut format surat pengunduran diri secara umum yang biasa orang tulis.

Contoh Surat Pengunduran Diri Buat Instansi Atau Kantor
Format Surat Pengudnuran Diri Secara Umum


Dan berikut salah satu contoh surat pengunduran diri ane waktu masih bekerja di sebuah instansi pemerintah yaitu di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Swasta di Kabupaten Indramayu pada tahun 2014.

Contoh Surat Pengunduran Diri Buat Instansi Atau Kantor, cara membuat surat pengunduran diri untuk sekolah
Contoh Surat Pengunduran Diri Untuk Sekolah


Mungkin itu saja yang bisa ane sampaikan mengenai contoh atau cara membuat surat pengunduran diri baik keluar dari perusahaan ataupun dari instansi pemerintah. Karena, untuk menjaga moral, kesopanan, dan juga hubungan baik terhadap perusahaan atau instansi yang sobat tinggalkan dibutuhkan sebuah surat pengunduran diri ini. Selain itu, agar tidak ada kesan yang buruk terhadap sobat. Terima kasih, semoga bermanfaat, dan sukses selalu.

No comments