Cara Meng-Upload Data DBF Ke Server Datadik

Cara Meng-Upload Data DBF Ke Server Datadik - Hari kemarin Rabu tanggal 02 bulan April tahun 2014, semua operator SMP baik sekolah negeri maupun swasta se-Sektor 3 Jatibarang Indramayu berkumpul untuk mengadakan sosialisasi aplikasi nilai ujian sekolah (US) tahun pelajaran 2013/2014 yang di selenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu bertempat di SMP N 1 Jatibarang dengan pemateri Bapak Taufiq.

Disini Operator dari masing-masing sekolah dibekali beberapa materi dan informasi di antaranya adalah tentang Dapodik, tentang cara meng-entri data siswa khususnya siswa kelas sembilan yang akan mengikuti Ujian Nasional (UN) Tahun pelajaran 2013/2014, dibekali cara meng-upload data dari aplikasi nilai US ke server pusat, dan masih banyak informasi-informasi yang diberikan oleh beliau kepada kami.

Nah, dalam postingan kali ini ane mo nyampein bagaimana cara mengupload data nilai US kelas 9 dari aplikasi nilai US ke server pusat. Tapi sebelumnya kita sudah meng-unduh aplikasi nilai US yang sudah ada di website resmi smp.datadik.info (untuk smp) sedangkan untuk SD yaitu sd.datadik.info. Cara mengupload data dbf tingkat smp dengan sd kurang lebih sama.

Berikut cara mengupload data nilai US dari aplikasi nilai US ke server Datadik.


1. Kita buka aplikasi Nilai US yang sudah kita unduh tadi. Isikan Kolom pertama Admin dan kolom dibawahnya Admin(tanggal terbaru). Contoh : Admin02 (02 karena tanggal waktu sekarang tanggal 2, kalau besok kita ngisi berarti tanggal 3, isi 03, dst). Kalau ada masalah ketika saat membuka aplikasi Nilai US bisa tanyakan lewat kolom komentar di bawah ya.

Cara, Upload Data DBF, Datadik, Dapodik, smp.datadik.info

2. Pilih Data Nilai US, kemudian cari sekolah kita.

Cara, upload data DBF, nilai US, kelas 9, dapodik, datadik, cara upload nilai us smp

3. Setelah kita isi semua data tersebut, kita pilih eksport, dan kemudian muncul tulisan seperti gambar berikut, lalu klik OK.

Cara upload data dbf, dapodik, nilai US, cara upload nilai US, datadik smp, cara upload nilai us smp 2014

4. Langkah selanjutnya adalah kita cari folder tempat kita menaruh aplikasi Biodata UN dan Nilai US, di situ kita melihat ada folder 02-18, kemudian kita buka folder tersebut dan ada dua folder kita buka RAPORT, selanjutnya kita cari folder yang sesuai dengan kode sekolah kita misal sekolah ane adalah kodenya 112, maka kita cari folder yang angka terkahirnya 112.

cara, upload file dbf, datadik, nilai us, cara mengirim file dbf

5. Setelah itu kita buka kembali dan kita lihat di dalam folder 0218112 terdapat file ber-format DBF, nah file inilah yang nantinya kita upload ke server Datadik pusat. Karena kita akan meng-upload nilai US maka kita cari yang berformat seperti ini RAPORT14_0218112_USP.DBF (contoh untuk sekolah ane yang kodenya 112, terlihat ada kode USP).

Langkah selanjutnya bagaimana kita upload data DBF ke datadik server pusat? sebelum kita upload data kita sebaiknya kita periksa atau koreksi ulang terlebih dahulu sampai benar-benar kita sudah yakin untuk mengirim data tersebut. Kemudian sambungan ke internet harus dalam keadaan baik, alias loadingnya tidak lelet agar proses uploadisasi bisa berjalan dengan baik. Waduucht ane kudu ke SMP dulu ni, soalnya nulis ini di rumah, nanti dulu shobt. Iklan dulu. He,.

1. Langkah awal untuk mengupload data DBF kita buka website resminya di http://smp.datadik.info/smpjabar/login.php masukkan Nama User, Kata Sandi, dan Kode Pengamannya. Dan alamat web ini khusus untuk daerah Jawa Barat. Kalau untuk daerah selain Jawa Barat ane kurang tahu.


2. Kalau proses memasukkan Nama User, kata sandi, dan kode pengaman benar maka akan tampil sebagai berikut,

cara upload dbf, nilai us kelas 9, datadik, nilai US smp, smp datadik login

pada tampilan di atas kita pilih Upload Raport Kelas 9, kemudian klik Tambah, terus kita cari file DBF yang sudah kita simpan di komputer, lalu klik Upload.

3. Kita tunggu beberapa saat proses loading upload data sampai selesai. Kalau proses sudah selesai kita cetak atau print out file yang sudah kita upload tadi. Klik di Data Master, kemudian Nilai Sekolah, dan klik icon Cetak di sebelah kiri atas, namun sebelum kita mencetaknya kita pilih kelas 9 di sebelah kanan atas terlebih dahulu. Dan selesai.

Sekian cara mengupload data DBF ke server datadik pusat dari ane, semoga apa yang tadi ane sampein bisa bermanfaat buat sahabat-sahabat. Sebelumnya ane sampein terima kasih banyak kepada Pak Taufiq karena sudah mengajarkan segala sesuatunya kepada ane dan temen-temen se-Sektor 3 Jatibarang. Dan mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan ini, saran dan kritik sangat ane harepin. Terima kasih