Macam-macam Sistem Operasi (OS) Dan Sejarahnya

Macam-macam Sistem Operasi / Operating System (OS) Dan Sejarahnya | Blog Kang Hamzah - Beberapa contoh sistem operasi  yang digunakan dari awal sampai sekarang sebagai berikut.
  1. C/PM-86 (Contah Program for Microprocessor 8086 ). Merupakan sistem operasi yang pertama kali dipakai pada processor 8086.
  2. Unix Operating System. Merupakan sistem operasi yang dipakai pada bentuk jaringan khusus.
  3. PC-DOS ( Personal computer-Disk Operating System ). Merupakan sistem operasi yang digunakan pada mikro komputer atau personal komputer.
  4. MS-DOS ( Microsoft Disk Operting System ). Sistem operasi ini dibuat oleh Microsoft Corporation dan digunakan untuk komputer 16 bit ( 1 bit dapat menyimpan 1 bilangan binary 'O' dan '1' )
  5. IBM-DOS ( International  Business Machine Disk Operating System ). Sistem operasi ini merupakan perbaikan dari PC-DOS dan sering igunakan DOS versi 4.0.
  6. UCSD P-System ( Univercity of California at san Diego Pseudo System ). Sistem operasi untuk UCSD Pescal.
  7. Xinix Operating System. Sistem operasi yang ibuat oleh Microsoft Corpration yang bentuknya mirip Unix.
  8. CCP/M86 ( Concurent CP/M-86 ). Sistem operasi yang merupakan pengembangan dari  C/PM-86 dan lebih baik kerena ada fasilitas untuk password.
  9. OS/2. Merupakan sistem operasi yang lebih unggul dari DOS yang dipakai untuk aplikasi komunikasi.
  10. Windows. Sistem operasi ini lebih baik dan lebih maju bila dibandingkan dengan sistem yang telah disebut sebelumnya. Sebab sistem ini mempunyai  beberapa keunggulan di antaranya mendukung dalam bidang grafis, dapat membuka beberapa program aplikasi, pindah antar program secara cepat dan mudah, ada fasilitas OLE ( object  Linking and Embedding ) yaitu transfer data secara cepat, ada fasilitas plug and play yaitu suatu teknologi yang mampu dengan cepat mendektesi secara otomatis dan logis serta menyusun konfigurasi seluruh device pada komputer.
 
Macam-macam Sistem Operasi (OS) Dan Sejarahnya
Macam-macam Operating System (OS)

Sahabat Blog Kang Hamzah, itulah sedikit berbagi informasi mengenai komputer yaitu macam-macam sistem operasi (Operating System) dan sejarahnya. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

No comments