Tata Cara Shalat Sunat Hajat Dan Niatnya

Tata Cara Shalat Sunat Hajat Dan Niatnya | Blog Kang Hamzah - Shalat sunat hajat adalah shalat sunat yang dikerjakan karena ada "Hajat" atau keinginan baik kepada Allah SWT maupun hajat-hajat kepada sesama manusia. Seperti misalnya, mohon berhasil dalam menempuh ujian, mohon terkabul yang dicita-citakan atau diinginkan, bisa juga misalnya mohon perlindungan Allah dari sesuatu bentuk bencana dan lain-lain.

Sahabat Blog Kang Hamzah yang dirahmati Allah, mohon pertolongan melalui shalat dianjurkan oleh agama Islam, sebab ada firman Allah yang menyebutkan dalam Al-Qur`an surat Al-Baqarah ayat 45, sebagai berikut :

Ayat alquran tentang mohon pertolongan kepada Allah dengan sabar dan sholat
Surat Al-Baqarah ayat 45


Kemudian nabi Muhammad SAW bersabda :

Hadits nabi tentang sholat hajat
Hadits Nabi Muhammad SAW


Untuk waktu sholat hajat kapan saja, baik siang maupun malam. Namun, akan lebih baik dikerjakan pada waktu tengah malam, karena pada tengah malam ini waktu-waktu turunnya rahmat Allah yaitu pukul 00.00, 02.00 sampai dengan 03.00.

Banyaknya rakaat pada shalat hajat yaitu sebanyak 12 rakaat, sedangkan paling sedikit yaitu 2 rakaat, pertingkatnya berbeda-beda, dan banyak cara mengerjakannya.

Adapun niat sholat hajat adalah sebagai berikut :

Niat sholat hajat, niat shalat hajat, niat shalat sunah hajat dan artinya
Niat Shalat Hajat


Adapun surat Al-Qur`an yang di baca yaitu :
  • Rakaat pertama, setelah fatihah yaitu surat Al-Kafirun sebanyak 10 kali dan rakaat kedua setelah fatihah surat Al-Ikhlas sebanyak 10 kali juga.
  • Atau rakaat pertama dan kedua setelah membaca al-fatihah membaca surat Al-Ikhlas sebanyak 11 kali.
  • Atau bisa juga setiap rakaat setelah fatihah membaca ayat Kursi dan surat Al-Ikhlas satu kali.

Setelah itu, salam lalu sujud kembali satu kali. Memohon kepada Allah SWT. Hajat (maksud) hati dengan sungguh-sungguh, dengn penuh harapan. Insya Allah dikabulkan oleh Allah SWT.

Kemudian memanjatkan doa kembali, memohon ampun kepada Allah, memohonkan apa saja yang kita inginkan. Kalau tidak dapat dalam bahasa arab ucapkan dalam bahasa apa saja yang kita kuasai. Allah maha tahu segala bahasa makhluk-Nya. Dan membaca shalawat Bani Hasyim sebanyak 100 kali atau shalawat Munfarijah 100 kali.

Itulah sedikit berbagi tentang tata cara shalat sunnat hajat dan niatnya. Semoga kita semua bisa menunaikan shalat sunnat hajat setiap hari. Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

No comments