Bahaya Air Kolam Renang Bagi Tubuh

Bahaya Air Kolam Renang Bagi Tubuh - Disaat terik matahari yang sangat menyengat dan panas, rasanya sangat enak dan menyenangkan membayangkan kita bisa melompat dan berenang di kolam renang yang airnya jernih dan begitu menyegarkan. Tetapi, sahabat semua harus berhati-hati agar air kolam renang tidak masuk ke dalam tubuh kita, apalagi untuk balita atau anak-anak.

bahaya kolam renang, bahaya air kolam renang, akibat berenang, kolam renang
Mandi di kolam renang sangat mengasyikkan

Bahaya Air Kolam Renang Bagi Tubuh

Seperti yang pernah dikemukakan oleh huffingtonpost.com, bahwa air kolam renang yang kelihatan jernih dan menyegarkan tetapi belum tentu bersih, apalagi bila air kolam renang masuk ke dalam mulut kita. Mengapa? karena air kolam renang sangat mungkin tercampur dengan bakteri dan beraneka parasit yang bisa mengganggu kesehatan sahabat semua. Inilah mengapa para ahli kesehatan selalu mengingatkan agar tidak meminumair kolam renang, sungai, danau, ataupun sumber air lainnya agar tidak terserang penyakit.

Walaupun air kolam renang di beri dengan larutan klorin, air tesebut masih mungkin menjadi tempat tinggal sekaligus berkembangbiak jutaan bakteri dan kuman.

Sebagai orang tua, sebaiknya jagalah anak-anak kita agar jangan sekali-kali mencoba menelan air kolam. Terutama bagi anak-anak yang mempunyai gangguan pada sistem pencernaannya atau infeksi pada pencernaan, agar tidak tercemar pada daerah tersebut.

Umumnya, kolam renang bisa menjadi sarang atau tempat berkembangnya bakteri E. coli, Giardia, dan Paracites cryptosporidium yang dapat menyebar ketika jumlah klorin dalam kolam sedikit. Gejala apabila terkena kuman-kuman tersebut biasanya diare, mual, muntah, kram perut, dan dehidrasi.

Meskipun air kolam renang telah berbau klorin, belum tentu dan masih mungkin air kolam tersebut masih mengdnung bakteri. Bisa jadi bau klorin yang ditimbulkan dari air kolam tersebut adalah campuran chloramines (zat hasil campuran air seni, keringat, dan klorin). Sedangkan air kolam yang bersih dan sehat tidak menimbulkan bau.

Oleh karena itu, sahabat harus berhati-hati saat berenang di kolam pemandian umum. Jangan sampai air kolam masuk ke dalam tubuh kita.

Itulah, sekilas tulisan ane tentang bahaya air kolam renang bagi tubuh. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

No comments