Pengertian, Fungsi, dan Keunggulan Komputer

Pengertian, Fungsi, dan Keunggulan Komputer | Blog Kang Hamzah - Komputer merupakan penemuan paling besar dan fenomenal sepanjang masa sampai saat ini. Penemuan komputer membawa perkembangan teknologi informasi dan komunikasi begitu cepat. Sampai saat ini komputer berperan penting dalam setiap kegiatan manusia. Hampir setiap aktivitas dunia informasi dan komunikasi tidak bisa dilepaskan dari pengunaan komputer.

Pengertian Komputer, Fungsi Komputer, dan Keunggulan Komputer
Perangkat Komputer (sumber gambar : INDOnews)

Lalu, apa sih komputer itu? dan apa saja fungsi dan keunggulan komputer itu? Yuk kita simak berikut penjelasan mengenai pengertian komputer, fungsi dan keunggulan komputer berikut ini.

Pengertian Komputer

Komputer merupakan perangkat teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang dapat mengolah data menjadi informasi serta dapat menjalankan program berdasarkan suatu aturan tertentu.
Selain itu, banyak dari para ahli yang mengartikan komputer antara lain sebagai berikut.
1. FUORI, berpendapat bahwa komputer adalah suatu alat pemrosesan data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika tanpa campur tangan manusia.
2. HAMACHER, menurutnya komputer adalh mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi (input digital), kmeudian memprosesnya sesuai program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
Secara umum, komputer dapat diartikan sebagai sebuah mesin elektronik, dijalankan oleh instruksi-instruksi yang disimpan di dalam memorinya. Memori tersebut dapat menerima data masukan (input), memanipulasi (mengolah), data sesuai dengan aturan-aturan tertentu (proses), sehingga menghasilkan keluaran (output) berbentuk infromasi, dan menyimpan hasilnya untuk kebutuhan yang akan datang.

Fungsi Komputer

Komputer adalah alat elektronik yang memiliki banyak gungsi (multifungsi), fungsi komputer sebagai berikut :
  • Menambahkan, memperbaiki, dan mengambil informasi sampai megirimkannya kembali ke benua lain melalui satelit komunikasi dan saluran telepon.
  • Dapat menghitung, membandingkan, mensimulasikan kegiatan-kegiatan, dan mengontrol proses dalam sebuah industri.
  • Melakukan pekerjaan yang  berhubungan dengan penelitian ilmiah.
  • Dapat menguji semua pekerjaan-pekerjaan dengan benar, tepat, mudah, dan cepat.

Keunggulan Komputer

Sebagai media teknologi informasi dan komunikasi, komputer memiliki beberapa keunggulan, seperti berikut :
  • Mampu mengakses data informasi dengan cepat dan tepat
  • Menghasilkan informasi dari data yang lampau
  • Mampu memproses data yang sangat besar menjadi informasi
  • Mampu menyimpan data yang sangat banyak
  • Mampu melakukan importing dan eksporting data yang dirancang khusus
Nah, shobat Blog Kang Hamzah, itulah penjelasan mengenai pengertian, fungsi, dan keunggulan Komputer. Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.



Sumber : LKS Informatika Kelas VII MTs/SMP

No comments